Kamis, 02 Januari 2014

Hati hati !! Rumah bisa jadi sarang bahan KIMIA…


Tengok yuk, apa saja produk pembersih yang ada didalam rumah?? Misal pengharum ruangan, pembersih kaca, pembersih lantai, semprotan pengusir nyamuk, pembersih kamar mandi, kapur barus pengusir kecoa dan lainnya.


Menurut pelaku hidup organic, Ir. Bibong Widyarti Djaprie, disadari atau tidak, kediaman kita ternyata menjadi sarang bahan-bahan kimia yang bisa membahayakan kesehatan.

Ada beberapa tips dari Ir. Bibong guna mengurangi kebiasaan penggunaan bahan bahan tersebut:

Ruangan dalam rumah

1. Menggunakan aroma terapi alami sebagai pengharum ruangan, seperti kayu manis, cengkeh, bunga kering(mawar, melati, lavender) ataupun bunga-bunga segar(melati, sedap malam).
2. Untuk menyegarkan ruangan dapat menggunakan sari minyak jeruk dan sari minyak lemon yang diuapkan. Cara membuatnya: campurkan 3 – 6 tetes sari minyak ke dalam mangkung yang berisi air panas (300ml). Tutup semua jendela dan pintu lalu biarkan campuran itu menguap. Sari minyak murni /essential oil murni bukan sintesis dapat dibeli di toko aromatherapy.
3. Tanaman pengusir serangga: tanaman zodiac ditempatkan didekat jendela dapat mengusir serangga yang akan memasuki rumah, nilam, minyak sereh dan minyak cengkeh.
4. Untuk mengusir polutan bisa ditaruh tanaman sanseviera (lidah mertua) didalam ruangan.

5. Untuk mebel, memakai pembersih alami dari campuran tiga sendok makan minyak zaitun dengan tiga sendok tehh air jeruk nipis. Oleskan cairan ini ke permukaan mebel.
6. Pembersih kaca, caranya campurkan cuka masak dengan air. Perbandingannya satu sendok cuka = 10 sendok air dalam botol penyemprot. Setelah itu disemprotkan ke kaca tinggal di lap dengan Koran.

Lantai rumah

Di toko aromatherapy bisa membeli essential oil sesuai selera, dicampur dengan air lalu dimasukkan kedalam penyemprot, setiap akan digunakan kocok terlebih dahulu kemudian disemprotkan pada sapu atau pel. Untuk mengusir nyamuk bisa menggunakan sari minyak sereh, lavender dan neem, disemprotkan pada kain atau sapu. Untuk membasmi kuman dilantai, bisa menggunakan sari minyak sereh, sari minyak kayu putih dan sari minyak nilam.

Kamar Tidur

Ada beberapa bahan dan cara menjaga kamar tidur secara alami;
1. Memakai rajangan daun nilam, cengkeh atau remahan kayu manis yang dibungkus kain tipis sebagai pewangi pakaian.
2. Secara berkala, bersihkan sudut-sudut lemari atau laci dengan menyemprotkan minyak cengkeh atau minyak sereh.
3. Gunakan butiran-butiran merica didalam lemari pakaian atau laci untuk mengusir ngengat ataupun serangga kecil.
4. Hindari menumpuk barang dalam kamar. Jaga sirkulasi udara dikamar tetap lancer dengan membuka jendela selebar mungkin secara rutin.

Untuk menjaga kebersihannya secara alami, berikut tipsnya:
1. Sirkulasi udara kamar mandi harus lancer agar kondisinya tidak lembab.
2. Aturlah agar cahaya matahari bisa masuk ke kamar mandi, sinar matahari merupakan disinfektan alami.
3. Untuk mengusir kecoa, bisa diletakkan rajangan daun nilam atau daun jinten disudut yang gelap.
4. Bau tak sedap bisa dikurangi dengan menaruh potongan arang batok kelapa, atau pakai seikat daun seledri atau daun ketumbar yang sudah layu lalu digantungkan dikamar mandi.
5. Noda di pinggiran bak kamar mandi atau lantai bisa dibersihkan dengan:
• Larutan cuka dapur dan air dengan perbandingan 1:1
• Belimbing wuluh matang yang dilumat dan didiamkan semalaman utk menghilangkan noda kapur pada dinding kamar mandi
• Asam jawa dilumat dengan air hingga berbentuk sperti pasta utk membersihkan logam kuningan dikamar mandi
• Campuran baking soda dan air dengan perbandingan 1:2 untuk membersihkan noda noda pada kran.

Dapur

Cuka masak bisa dipakai untuk membersihkan gelas, mengurangi bau amis, mencuci talenan, mengurangi lemak dari sisa sisa minyak goring yang tercecer dan membilas bagian dalam lemari es. Selain cuka, bakingsoda juga bisa, cara penggunaan:
• Campur tiga sendok baking soda dengan 500ml air. Tumpahkan cairan itu diatas lap lalu gunakan utk membersihkan bagian dalam lemari es atau oven.
• Noda hitam atau hangus pada oven dapat dibersihkan dengan campuran baking soda dengan air. Tinggal menggosokkan ini pada noda lalu bilas dengan air bersih.

sumber: tabloid AULIA..berbagi ilmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar